Photobucket

Senin, 26 Desember 2011

Cara Menyatukan Pendapat

          
           Menyatukan pendapat adalah hal yang paling sulit dilakukan karena setiap orang itu punya karakter, sifat yang berbeda. Selain itu pengetahuan atau pendidikan, agama, adat serta lingkungan sangat mempengaruhi seseorang dalam berpikir dan berpendapat. Contohnya seorang yang berpendidikan bagi mereka melakukan sesuatu itu harus dipikirkan matang-matang dan memikirkan konsekuensinya sedangkan bagi orang yang latar belakangnya tidak berpindidikan cenderung lebih mementingkan ego masing masing dalam melakukan sesuatu.
            Semua hal diatas akan membentuk suatu pola pikir. Pola pikir yang menyebabkan seseorang mampu menerima atau tidak mengenai hal tertentu yang ia agap itu adalah hal yang tidak biasa. Sebenarnya pola pikir itu dapat timbul dengan sendiri ketika manusia terbentur oleh permasalahan. Karena ketika kita mulai berpikir maka kita sendiri telah dihadapi oleh suatu masalah yang mungkin permasalahannya terlalu abstrak hingga sulit untuk diungkapkan dengan kata.
            Nah, disinilah peran seorang manager atau penengah dibutuhkan agar perbedaan perbedaan yang ada dapat diminilisir sehingga terjadi suatu kesepakatan. Seorang manager yang baik akan berupaya memberikan pengertian terhadap pihak-pihak yang berbeda tampa membuat pihak yang berpendapat tersebut tersinggung. Ia akan mengutarakan kelebihan dan kekurangan dari pendapat mereka. Sehingga mereka akan menerima satu sama lain mana pendapt yang paling terbaik. Penggunaan kata kata yang baik dan tepat akan mempermudahnya untuk memberikan pengertian. Jadi mungkin ini adalah salah satu cara agar dapat menyatukan pendapat.
Photobucket
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...